LIKA LIKU DALAM BIDANG ARSITEKTUR

0 komentar Posted by ,
                    ARSITEKTUR PEMBENTUK WAJAH DUNIA

     Sistem penilaian dalam arsitektur? Banyak yang terjebak pada sistem penilaian ini. Pandai-pandailah memahami karakter, jalan pikiran, juga gaya arsitektur yang dianut sang dosen. Rajin-rajinlah berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Meskipun masuk dalam ranah teknik, arsitektur bukanlah 100% ilmu eksakta. Tidak ada patokan benar atau salah yang nyata jika sudah berkaitan dengan seni mendesain. Singkatnya, arsitektur adalah seni yang memiliki teknik, atau teknik yang “nyeni”.Ingin jadi seorang Arsitek? kemampuan dasar hitungan itu nomor 2.

    Empat tahun perkuliahan bukanlah waktu yang singkat untuk melatih kemampuan menggambar, apalagi saat kuliah tentu juga diajarkan pula teknik-teknik menggambar yang baik.merasa kurang jago menggambar jangan keburu putus asa dulu. Kemampuan menggambar memang penting, tapi bukan satu-satunya syarat. Arsitek tidak sama dengan tukang gambar. Jadi, ada syarat-syarat lain yang lebih penting daripada sekedar ‘jago menggambar’, seperti:
  1. Ide dan Konsep Rancangan yang Kuat
  2. Daya Bayang Ruang yang Baik
  3. Kemauan dan Ketekunan  
       
          Banyak sekali tanggung jawab yang harus diterima arsitek , Mereka memiliki kewajiban mendesain sebuah bangunan penuh dengan tanggung jawabnya , Mulai dari keamanan , kenyamanan dan fungsi , semua itu benar – benar harus diperhatikan oleh seorang arsitektur handal. 
     
    MUSIK + ARSITEKTUR = IDE??
     
        Musik dapat menjadi sumber inspirasi dalam desain. Kepekaan akan prinsip estetika : harmoni, ritme, keseimbangan, penekanan, dll. juga tema dan karakter spesifik lain adalah kunci, yang menjadikan musik sebagai bagian dalam proses perancangan, baik desain produk, tekstil, fashion, grafis, interior, arsitektur maupun kawasan. Kesan psikologis warna, bahan dan konstruksi melengkapi pula perwujudan desain yang utuh dan integral.
     
        Sebagai contoh : Musik rock yang berkonotasi maskulin, keras, dinamis dapat divisualisasikan dalam desain interior dan arsitektur melalui penerapan hi-tech pada konstruksi, bahan metal, dominan hitam putih, bentuk geometrik tegas, dengan penataan asimetrik.Desain berkembang dinamis sejalan dengan spirit jaman. Keterkaitan musik dengan desain menjadi salah satu fenomena alam yang menunjukkan bahwa desain merupakan harmoni
     

    Ciri Jika Anda Seorang Arsitektur ” Profesional “

    - Tidak pernah kehabisan ide :  
     
         Saat anda mulai mengerjakan dan mendesain tiba-tiba inspirasi anda hilang berarti anda perlu mengasah lagi imaginasi anda agar lebih kuat untuk membayangkan ( desain rancangan ).Arsitektur handal tidak akan pernah kehabisam ide saat sedang merancang otak kirinya selalu jalan dan berkreasi.
     
    - Melihat Ide Orang , Bukan Berarti Menjiplak ( Plagiat ) : 
     
          Arsitektur cerdas selalu melihat kreasi orang lain tapi bukan berarti untk di full plagiat melainkan untuk dilihat proses pembuatanya dan dipelajari desainya.Sehingga semua apa yang arsitek lihat tersebut digabungkan menjadi satu dan di analisis jadilah sebuah kreasi yang baru dan karya yang membanggakan.Arsitek tidak pernah berhenti belajar , Lihatlah karya – karya orang lain dan dipelajari.
     
    - Hampir Semua Karyanya , Menjadi Pusat Perhatian ( Dunia ) : 
     
         jika melihat sebuah bangunan yang berdiri megah dengan nuansa yang indah dan menggagumkan , menjadi pusat perhatian dunia.Boleh saja di semesta ini terdapat ribuan arsitektur profesional yang bertebaran.Tetapi tidak semua arsitektur yang menciptakam sebuah karya yang dapat menarik perhatian luar.Jika anda bisa menciptakan itu , berarti anda arsitek yang hebat dan layak dikatakan ” Profesional “.
     
     
     
     
     
    DAFTAR PUSTAKA
     
    http://pro-rahasia.com/inilah-ciri-ciri-jika-anda-adalah-arsitek-profesional/
    http://www.astudioarchitect.com/2011/02/arsitektur-dan-musik.html
     

Related Post :

0 Comments for "LIKA LIKU DALAM BIDANG ARSITEKTUR"